Email Sebagai
Sarana Komunikasi
A. Mengenal E-Mail Account
➤ Pengertian
Email (electronic Mail)
adalah fasilitas dalam internet yang berfungsi untuk
mengirim serta menerima berita atau pesan kepada/dari seseorang. E-mail account
adalah alamat yang dimiliki seseorang sebagai kotak pos yang dituju oleh
pengirim agar sampai pada alamat yang diinginkan. Dengan email, biaya dan waktu
pengiriman dapat diminimalkan, karena pesan dapat dikirimkan ke seluruh penjuru
dunia dalam waktu yang bersamaan tanpa adanya tambahan biaya.
Sejarah E-mail
➤ Email adalah sebuah surat elektronik yang di gunakan mengirim
data (file text, foto digital, file audio, vidio) dari satu komputer ke
komputer lainnya dengan menggunakan media jaringan internet sebagai
jalur lalu lintasnya. Jaringan ini bisa berupa jaringan komputer
intranet maupun jaringan komputer internet. Anda mungkin
bertanya-tanya, Bagaimana email dapat dikirim dan diterima
antarkomputer? Untuk pengiriman dan penerimaan email ini atau
korespondensi antar email, kita biasa menggunakan alamat email. Alamat
Email Untuk menerima email, kita harus memiliki alamat emil. Ada
beberapa profider yang menyediakan layanan E-mail separti yahoo, Gmail.
Sejarah E-mail
Pada catatan sejarah E-mail (surat elektronik)
sudah mulai di pakai pada tahun 1960-an yang mana pada waktu itu belum
ada internet dan hanya mengandalkan kumpulan “mainframe” yang terbentuk
dari berbagai jaringan. Dan pada 20 tahun setelahnya yaitu tahun 1980-an
email sudah bisa di access oleh khalayak umum sebab sudah ada jaringan
internet. Hingga sekarang sudah banyak perusahaan pos di penjuru negara
sudah mulai menurun pengasilanya di karenakan sudah mulai jarang yang
memakai jasanya untuk salaing berkomunikasi lewat surat
Sejarah mengatakan E-mail
berasal dari kata Electronic Mail yang artinya surat elektornik. E-mail
sendiri merupakan salah satu cara untuk mengirim pesan dalam
bentuk/format data elektronik dari satu komputer ke komputer lain yang
letaknya jauh ( berbeda daerah). Pesan yang terdapat pada E-mail ini di
buat dengan pengolahan kata yang menghasilakan sebuah document yang
kemudian di kirim kan secara electronic menggunakan media seperti
komputer dan internet. Email ini dapat di kirim dengan syarat kedua
komputer tersebut saling terhubung ke internet dan data dari email
tersebut akan di kirim melalui jalur yang ada pada internet tersebut.
Sebenarnya harus terkoneksi ke internet menggunakan koneksi anter
komputer saja sudah bisa, hanya saja penggunaan internet di karenakan
lokasi brainware yang di tuju cukup jauh, jadi jaringan yang di
pergunakan harus bisa mencangkup nya.
Dengan email, pengguna internet dapat
mengirim pesan dalam bentuk surat ke seluruh dunia dalam waktu yang
sangat cepat dan dengan biaya yang sangat murah. Email yang dikirimkan
akan sampai dialamat tujuan hanya sesaat saja setelah email tersebut
dikirimkan dan biaya yang dikeluarkan hanya biaya untuk mengakses
internet ketika mengirimkan email tersebut.
Beberapa contoh penyedia layanan e-mail :
➤ Beberapa
tips agar password tidak mudah dipecahkan oleh orang lain adalah :
- Biasakan membuat password yang terdiri atas campuran huruf dengan angk
- Jangan gunakan satu huruf pada password untuk hal-hal penting karena akan mudan dipecahkan oleh orang lain.
B. Menggunakan E-Mail untuk Sarana Berkomunikasi
Surat elektronik atau electronic mail atau disingkat email adalah surat
yang berbentuk elektronik. Email merupakan salah satu fasilitas atau
aplikasi internet yang paling banyak digunakan. Hal ini merupakan alat
komunikasi yang murah dan cepat. Dengan email, pengguna internet dapat
mengirim pesan dalam bentuk surat ke seluruh dunia dalam waktu yang
sangat cepat dan dengan biaya yang sangat murah. Email yang dikirimkan
akan sampai dialamat tujuan hanya sesaat saja setelah email tersebut
dikirimkan dan biaya yang dikeluarkan hanya biaya untuk mengakses
internet ketika mengirimkan email tersebut.
➠ Keuntungan menggunakan e-mail :
- Menghemat waktu
- Memberikan kemudahan bagi konsumen untuk memberikan berita penting yang tidak mengenal batas ruang dengan waktu yang relatif singkat.
- Sebagai penyedia jasa layanan surat/berita yang dapat dipergunakan dengan cepat
- Memberikan layanan penyalur berita atau pesan yang murah
- Memberikan kemudahan layanan yang dapat dimanfaatkan oleh orang di manapun berada
Cara membuat Email
Ada beberapa provider yang menyediakan jasa GRATIS pembuatan akun email
yang bisa anda pakai untuk mengirim surat elektronik ini, diantarannya
ada yahoo.com dan Gmail.com, untuk cara pembuatan email anda bisa lihat di bawah ini
Cara membuat E-mail di Yahoo.com
Yahoo adalah salah satu profider server web yang juga menyediakan ID
domain Email yang bisa secara umum di access oleh seluruh dunia. Di
dalam yahoo ini terdapat sebuah informasi yang mana ada beberapa hal
yang ada di dunia, baik itu informasi tenteng ketenaga kerjaa, sosial,
budaya, teknologi, dan informasi lainya yang mencangkup dunia. Untuk
pembuatan email di yahoo.com anda bisa lihat disini cara membuat akun email terbaru
➠ Mendaftar email melalui Search Engine Yahoo
- Klik start
- Pilih program
- Klik browser, misalnya Mozila
- Ketik www.yahoo.com pada address bar
- Setelah tampil homepage yahoo klik sign up
- Isi formulir yang telah tersedia
- Klik Create My Account, setelah proses loading selesai akan muncul halaman konfirmasi bahwa registrasi kita berhasil.
➠ Mengirim email
➠ Membuka dan menjawab email (reply) - Klik start
- Pilih program
- Klik browser, misalnya Mozila
- Ketik www.yahoo.com pada address bar
- Klik masuk atau sign in
- Ketik nama yahoo ID, masukkan pasword klik sign in
- Setelah muncul halaman e-mail, pilih compose
- Masukkan alamat email tujuan, Cc dan Bcc (jika ada), dan subjek. Ketik isi surat
- Jika ingin melampirkan file klik lampiran (attach files), lalu klik browse kemudian cari file yang akan dilampirkan, klik open. Klik attach files, tunggu beberapa saat sampai proses attaching files selesai. Klik continue to message
- lalu setelah selesai klik send. Tunggu beberapa saat, kemudian akan muncul halaman konfirmasi
- Klik start
- Pilih program
- Klik browser, misalnya Mozila
- Ketik www.yahoo.com pada address bar
- Klik masuk atau sign in
- Ketik nama yahoo ID, masukkan pasword klik sign in
- Setelah muncul halaman e-mail, pilih inbox untuk melihat daftar e-mail yang masuk.
- Untuk melihat isi surat, klik salah satu surat yang ingin di baca pada list yang ber-link
- Jika ingin membalas surat, klik reply
- tuliskan isi e-mail jawabannya, lalu klik send.
Ada banyak manfaat dari email, selain sebagai media surat menyurat
secara elektronik, email juga mempunyai dekrit lain yang juga sangat
bermanfaat untuk sarana lainya. Diantaranya saya telah rangkum di bawah
ini :
1. Media komunikasimail atau surat elektronik adalah media komunikasi yang biasa dilakukan
secara persoal atau umum (komunitas).
2. Media pengiriman
mengan e-mail anda bisa melakukan pengiriman data ke seluruh dunia dan
2. Media pengiriman
mengan e-mail anda bisa melakukan pengiriman data ke seluruh dunia dan
tentunya pengirim dan yang dikirimi data sama-sama menggunakan alamat
e-mail, bukan alamat rumah. Tidak hanya itu, dengan menggunakan e-mail
anda bisa mengirimkan data ke banyak orang hanya dalam hitung menit
bahkan detik.
3. Efektif, efisien, dan murah
Melakukan pengiriman data melalui e-mail sangat efektif, efisien, dan murah.
3. Efektif, efisien, dan murah
Melakukan pengiriman data melalui e-mail sangat efektif, efisien, dan murah.
Maksudnya, anda tidak perlu keluar rumah dan pergi ke kantor pos hanya
untuk mengirim foto atau lamaran pekerjaan. Cukup melalui koneksi internet
dan alamat e-mail anda, pengiriman akan cepat sampai ke alamat tujuan dan
tidak perlu biaya mahal.
4. Media promosi
Jika anda bisa memiliki usaha di internet atau bisnis online, anda bisa
4. Media promosi
Jika anda bisa memiliki usaha di internet atau bisnis online, anda bisa
mengirimkan promosi produk ke para pelanggan anda dengan
memanfaatkan daftar e-mail pelanggan yang ada.
5. Media informasi
Melalui e-mail, anda bisa mendapatkan informasi-informasi terbaru dari seluruh
5. Media informasi
Melalui e-mail, anda bisa mendapatkan informasi-informasi terbaru dari seluruh
dunia yang anda inginkan dengan cara menjadi pelanggan informasi dari media
yang anda tentukan.
6. Membuat blog atau website
Dengan e-mail anda bisa membuat blog dan website, karna pembuatan blog itu
6. Membuat blog atau website
Dengan e-mail anda bisa membuat blog dan website, karna pembuatan blog itu
salah satunya harus memiliki Email yang yang kita gunakan sebagai admin
pengelola blog
7. Sosial media
Dengan e-mail, anda bisa menjalin hubungan dengan teman atau orang lain. Baik
Dengan e-mail, anda bisa menjalin hubungan dengan teman atau orang lain. Baik
menggunakan e-mail itu sendiri atau melalui jejaring sosial seperti facebook, twitter,
atau google
D. Melakukan Attachment File dalam Email
1. Mengirim Email
Masuk ke email dengan menggunakan ID yang baru selesai didaftar!
Setelah
masuk ke halaman tulis, pertama2 bagian "kepada" diisi alamat email
yang dituju, kemudian "topik" diisi dengan isi surat, kemudian tekan
"Lampirkan File".Setelah itu akan muncul halaman baru untuk memindahkan
file ke dalam surat tersebut.
Setelah
berhasil melampirkan file untuk dikirim, di bagian bawah bisa ditulis
isi surat yang mau dikirim, setelah itu tekan tombol "kirim". Surat akan
otomatis dikirimkan ke alamat yang dituju.
2. Mengirim Attachment File dalam Email
Langkah-langkah yang digunakan untuk mengirim e-mail attachment adalah sebagai berikut:
- Klik tombol Start → All Programs kemudian klik Microsoft Outlook.
- Klik tombol New Missage.
- Isikan email address tujuan pada kolom To:, jika ada lebih dari satu email address tujuan, tekan enter, kemudian ketikkan email address berikutnya.
- Pindahkan kursor pada kolom Subject: , kemudian ketikkan tema surat Anda.
- Klik tombol Attachment (insert file berada disebelah tombol send)
- Kemudian double klik file (misal nama file yang akan dikirim:, memberi nama komputer) . Klik tombol Send, maka file tersebut akan terkirim ke alamat yang Anda kirimkan.
➠ Menyimpan email dalam hard disk dan mencetaknya
- Klik start
- Pilih program
- Klik browser, misalnya Mozila
- Ketik www.yahoo.com pada address bar
- Klik masuk atau sign in
- Ketik nama yahoo ID, masukkan pasword klik sign in
- Setelah email terbuka klik menu file pada toolbar, klik save as, kemudian keluar dialog save web page. Tentukan nama dan lokasi penyimpanan
- Klik save untuk menyimpan.
- Klik menu file lalu pilih print / tekan ctrl+p kemudian klik ok
⃟ Sumber :
Mantab.. lengkap dah.. makasih ya mba ..
BalasHapus